Pelaku Usaha Perlu Adaptasi Pasar Kopi Korsel
Surabaya – Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer, Miftah Farid, saat membuka secara resmi kegiatan”Adaptasi Produk Kopi untuk Pasar Korea Selatan” di Malang, Jawa Timur, pada Rabu (24 Jul), mengemukakan bahwa pasar kopi global sangat kompetitif.
Oleh karena itu, kegiatan adaptasi produk kopi ini merupakan upaya meningkatkan nilai perdagangan produk kopi Indonesia ke pasar Korea Selatan.
Miftah menyampaikan bahwa pasar kopi global sangat kompetitif dengan banyaknya negara produsen kopi. Dengan demikian, diperlukan strategi yang tepat untuk memperkenalkan dan meningkatkan nilai perdagangan kopi Indonesia di dunia.
Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu di antaranya perwakilan dari Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Busan, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Asuransi ASEI Indonesia, dan praktisi kopi dari Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 35 pelaku usaha dan eksportir kopi dari Malang dan sekitarnya.
Pada kegiatan ini, para narasumber menyampaikan informasi penting terkait tren pasar kopi di Korea Selatan, standardisasi produk kopi Indonesia dan pemanfaatan INATRIMS, fasilitasi asuransi ekspor, serta tips and trik ekspor kopi. (*)